Rabu, 13 November 2013

Cerpen Humor


KAK DIDIIK!!!

Oleh: Etamaria


“Aya, bangun sayang..udah jam enam pagi, malu donk sama anak ayam, masak jam segini belum bangun juga.” Seru mama Aya dari dapur menembus dinding kamar anak gadisnya. Putri tunggal Pak Lurah. Jegrek bunyi pintu kamar Aya terbuka.
“Taaaaraaaa.. Aya udah siap donk..udah mandi, udah pake bedak, udah wangi, udah cantik juga, hari ini kan hari pertama Aya masuk SMA ma, doain Aya dapet gebetan kakak senior ya ma.” Kata Aya cengar-cengir manja. 
“Ya ampun..cantiknya anak mama, gudlak ya sayang..mama doain mudah-mudahan dapet pacar yang ganteng di sekolah nanti, jangan lupa tebar pesona ya nak.” Sahut Bu Lurah menyemangati anaknya. 
 
Pergantian tahun ajaran baru, menjadi masa yang paling dinanti bagi Aya. Masa orientasi siswa atau MOS adalah awal perkenalan lingkungan baru, dan teman-teman baru . Tapi yang ada dipikirannya justru bersiap untuk punya kecengan baru. Uhuks, maklum masa puber yang menggebu. Sebenernya, banyak cowok-cowok yang naksir Aya tapi semuanya gak ada yang tulus. Berhubung Aya anak Pak Lurah jadi kebanyakan dari mereka yang deketin Aya cuma karena gak mau ribet dan males  kena biaya administrasi pas bikin KTP doank.
***

Hari pertama MOS..

“Coba kamu yang pake jilbab biru” teriak Andi senior sekaligus Ketua Osis di sekolah baru Aya
“Saya kak?” tanya Aya celingukan
“Iya kamu siapa lagi yang pake jilbab biru kalo bukan kamu!!” bentaknya
Aya segera maju menuju tengah lapangan dekat tiang bendera.
“Ada apa kak?”
“Ada apa..ada apa, tau salah kamu apa?”
“Eh..eh gak tau kak”
“Itu kenapa jilbab kamu biru, kan sudah dibilangin harus pake jilbab putih!!”
“Kak, maap kak..jilbab saya sebenernya warna putih, tapi kemaren ibu saya nyuci jilbabnya bareng celana jeans baru bapak, jadi kelunturan gitu kak, belum sempet direndem pake bayclin kak, takut gak kering.”

Karena itu akhirnya para senior Aya sepakat menghukumnya dengan berdiri di bawah tiang bendera dengan mengalungkan kardus yang diikat tali rapia dengan tulisan:

“SAYA NYUCI ENGGAK PAKE BAYCLIN

***


Hari kedua...

Karena awal MOS Aya udah kena hukuman dari senior otomatis hari-hari selanjutnya adalah hari terror bagi Aya. ‘gue gak yakin hari ini gue bakal lepas dari jeratan hukuman senior, karena kemaren semua senior udah kenal gue, tapi apapun itu gue kudu semangat’ bisik Aya dalam hati.

“Tugas kalian sekarang adalah ngumpulin tanda tangan kakak kelas tiga IPA, minimal dua puluh tanda tangan, yang gak bisa kumpulin sebanyak itu bakal kita kasih hukuman, kita kasih waktu satu jam dari sekarang.” Seru para senior Aya

Siswa baru yang sedang dalam kegiatan MOS segera berhamburan dari lapangan menuju kelas tiga jurusan IPA yang saat itu gak ada pelajaran alias jam kosong. Aya ikut lari-lari kecil berebut jalan menuju kelas tiga IPA.

Empat puluh lima menit kemudian..

“Assiiiikk udah ada sembilan belas tanda tangan kakak kelas, setelah berjuang dikerjain, akhirnya gak sia-sia juga kegigihan gue.” kata Aya girang. Tiba-tiba pandangan Aya mentok pada sosok cowok ganteng, berkulit putih bersih, rambut klimis, berkacamata, dengan tinggi kira-kira 175cm, yah cuma kira-kira doank soalnya Aya gak bawa meteran jadi gak tau pasti tingginya. Segera muncul ide Aya untuk kenalan dengan kakak ganteng itu dengan minta tanda tangan untuk lengkapi tugas dari seniornya. Sambil senyum-senyum Aya meluncur ke tekape. Tapi, byuuurr karena terlalu antusias Aya sukses kecebur di kolam ikan mujaer yang kira-kira kedalamannya selutut itu, walhasil training dan kaos olahraganya basah, dan yang lebih tragisnya, sembilan belas tanda tangan kakak kelasnya ikutan hanyut kebawa air kolam, dan kertasnya berubah jadi putih bersih seolah-olah udah ikut kerendem bayclin bareng kerudung Aya. Waktu tinggal lima menit untuk pengumpulan tanda tangan, hal yang sangat mustahil buat ngumpulin tanda tangan sebanyak itu di sisa waktu yang ada. Sambil mengepalkan tangannya Aya berkata dengan lantang “Jiwa tertekan pikiran berkembang, SEMANGAT!!” dan seketika itupun ia pura-pura pingsan.

Seketika itu Aya dibawa ke UKS..

“Aya..Aya..” kata Dini, sekretaris Osis yang juga panitia MOS dan senior Aya, sambil ngusap-ngusap balsem ke kening dan hidung Aya. Aya yang pura-pura pingsan, Cuma bisa meringis nahan bau balsem dan juga nikmatin paksa panasnya.
“Ya udah Aya istirahat aja dulu sampe makan siang entar ya” Terang Dini
“Iya kak” sahut Aya sambil senyum, ngerasa menang udah ngibulin seniornya

Tiba-tiba di ruang Bimbingan Konseling di sebelah UKS sayup-sayup terdengar suara buk Titik guru BK dan juga Pembina UKS lagi ngobrol dengan siswanya, tanpa dikomando, Aya langsung manjangin kupingnya persis kayak kelinci.

“Didik..itu di UKS ada siswa MOS yang pingsan, coba kamu periksa dulu, sebagai ketua PMR kamu harus turun tangan untuk bantu ya”
“Oh iya buk ntar saya liat”

Jegrek suara pintu UKS yang berbatasan dengan ruang BK di sebelah tiba-tiba ada yang buka. Aya masih pura-pura tidur walaupun matanya merem melek ngintip. ‘Hah’ Aya jerit dalam hati cowok ganteng yang ngebuat dia kecebur di kolam ikan tadi ternyata ada di dalam UKS berdua dengan dia tenyata namanya DIDIK. ‘aduuuh deg-degan, kira-kira nama lengkapnya siapa ya? Gak mungkin Didik Nini Towok kan?’ Tanya Aya dalam hati.

“Tadi udah sarapan belum dek? eh iya siapa namanya?”
“Nama saya Aya kak, Belum kak Didik aku belum sarapan” jawab Aya sambil gemeteran nahan grogi.
“Eh tau aja nama saya..Oohh belum sarapan, pantesan sampe gemeteran gitu kamunya”
“Iya kak, kemungkinan juga gak bisa makan sendiri, kalo mau suapin juga boleh kak”
“Aiiihh..kamu lucu”

Seketika itu tiba-tiba langit gelap dan gak keliatan apa-apa, Aya geer dan pengen pingsan beneran, setelah dibilang lucu oleh Didik. Sebenernya cara pingsan Aya ini adalah modus Aya supaya Didik bisa melakukan pertolongan pertama. Yah setidaknya mirip cerita dongeng “Putri Tidur”

“Oke Aya karena khawatir kamu pingsan lagi, jadi sampe jam pulang sekolah kamu tetap di UKS ya, besok MOS terakhir hanya kegiatan indoor dan pembagian kelas aja dan pengarahan dari Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan aja kok, gak ada acara s lagi.” Terang Buk Titik.

“Siap buk..

Hari ketiga MOS dilalui Aya dengan lancar tanpa gangguan, hanya pembagian kelas dan pengarahan dari wakil kepala sekolah, dan pembentukan struktur kelas. Karena Aya anak Pak Lurah resmi lah ia diangkat jadi pengurus kelas, khususnya bidang kesenian walaupun kenyataannya gak ada ikatan jelas antara hubungan Lurah dan kesenian.

***

“Waaaah Kak Didiik!!” seru Nada sambil menyikut tangan Aya yang sibuk ngaduk-ngaduk saos ke kuah bakso di kantin Bulek Iyah
“Aduuh..kalem..kalem..plis jangan duduk disini kak pliss”
“Hai Aya, makannya banyak banget?belum sarapan dari kemaren ya?”
“Eng..enggak kok kak cuma bantuin Nada ngaduk saos aja, aku lagi puasa”. tangan Aya dengan cepat nyodorin mangkok bakso tepat di depan Nada
“Hayooo,,bohong dosa loh”.
“Eh iya lupa aku ada ulangan matematika abis istirahat ini, aku pamit duluan ya kak Didik” Aya menarik paksa tangan Nada yang lagi nikmatin bakso gratisan dari Aya, dan seketika itu pyaaarr bakso dengan kuah yang hangat  itu berhasil mengguyur kaki kanan Didik. Reflek Didik langsung membuka sepatunya dan jrengjreng ada penampakan kaos kaki bolong yang diliat Aya tepat di bagian ujung jempol

‘Oooh mungkin ini jimat yang buat kak Didik keliatan cool, ya iyalah cool kaos kakinya bolong gitu jadi ‘dingin’ nya masuk lewat kaos kaki’ bisik Aya sambil memvisualisasikan imajinasinya di atas kepala.

“Kak Didik maaf yaaa, aku gak sengaja”
“Iya gapapa kok Aya”

Tiba-tiba datanglah seorang gadis cantik yang berjalan untuk menuju kantin sekolah, dan melihat kejadian itu.

“Kamu gapapa?” Tanya gadis itu lembut, sambil mengusap kaki  Didik yang memerah karena tersiram kuah bakso. Aya bengong menyaksikan kejadian itu sambil menahan perih hatinya, melebihi perih kuah bakso yang menyiram kaki Didik
Gapapa kok sayang?”

‘WHAT?? Jadi Kak Didik pacaran sama mbak cantik ini? huuuaaaa..patah hati gue, masak gue kudu pura-pura pingsan sih or pura-pura mati aja kayak strategi yang diajarin Raditya Dika?’
Belum sempat Aya pura-pura mati, gadis cantik yang belakangan di ketahui bernama Galuh ini memanggilnya untuk duduk di bangku panjang yang ia duduki sebelumnya

“Cantik kok berdiri aja di situ, ayo duduk di sini”
‘Yaaa ampunnn..lembut banget suaranya udah cantik, santun juga..sungguh sempurna pasangan ini’ sahut Aya dalam hati
“Eh..eh iya mbak” ujar Aya salah tingkah

Sambil senyum getir, segetir buah mahkota dewa Aya menjerit dalam hati ‘Kak Didiik!!! kalo gak bisa jadi pacar pliiiisss seenggaknya kita bisa jadi kakak-adekan aja gapapa kaaaann!’




***



follow me on twitter @etamaria2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar